Pengambilan Keputusan dan Contoh Kasus
PENGANTAR MANAJEMEN
Pengambilan Keputusan
Suatu proses yang digunakan untuk
memilih suatu arah tindakan sebagai pemecah bagi suatu persoalan.
Proses pengambilan keputusan :
1. Menentukan
Tujuan & Sasaran Khusus.
2.
Mengidentifikasi Masalah.
3. Mengembangkan
Alternatif.
Contoh Kasus :
Jenis Perusahaan : Jasa Pelayanan.
Manager : PT. NISSAN MOTOR INDONESIA (CNMI).
Pengambilan Keputusan : Meluncurkan model terbaru dengan cara meng Upgrade
body.
Organisasi : Bekerja sama dengan desainer perancangan mobil.
Penggerakan : Menambahkan part part terbaru.
Pengawasan : Memaksimalkan Proses kerja.
sumber dikutip dari jawa pos, 20 agustus
2016
Perusahaan PT. NISSAN MOTOR
INDONESIA (NMI) adalah perusahaan otomotif yang sedang melakukan perbaikan penampilan
multi purpose vehicle (MPV) Grand
Livina serta merilis produk special
edition untuk sport utility vehicle (SUV)
X-Trail dan Cross Over Nissan Juke.
Area manajer sales distribusi Nissan
menyatakan bahwa tahun ini Nissan belum merilis mobil baru. Karena itu,
pihaknya hanya melakukan penyegaran model-model yang sudah mengaspal.
Pada bulan Mei lalu, NMI merilis
Nissan Grand New Livina. Penyegaran yang telah dilakukan itu mampu mendongkrak
penjualan 30 persen penjualan Nissan Grand Livina di Jawa Timur. NMI juga mengenalkan
Nissan X-Trail, Nissan Juke dan Nissan Marc. Untuk penyegaran Nissan
menambahkan part part seperti body kit, knalpot sporty, lampu facelift dan head
unit (audio) 10 inch berbekal layar Touchscreen. Nissan menggandeng desainer Dana
Maulana dan Liza Mashita untuk megupgrade tampilan terbarunya. Separuh dari
penjualan Nissan di Jawa Timur ditopang oleh Nissan New Grand Livina. Sementara
itu Nissan X-trail menyumbang 30 persen. Sisanya disokong oleh Nissan Marc. Nissan
juga berupaya menjaga konsumen loyal yang porsinya 40 persen dari total
pelanggan dengan melakukan program tukar tambah di Bandung dan Surabaya.
Penetapan tujuan & Pengukuran hasil
Upgrade / Penyegaran yang telah
dilakukan itu mampu mendongkrak 30 persen penjualan Nissan New Grand Livina di
Jawa Timur, Sementara itu Nissan X-trail menyumbang 30 persen dan sisanya
Nissan Marc.
Mengidentifikasi Masalah
Tahun 2016 ini nissan masih belum
berencana merilis mobil baru, Hanya akan meng-Upgrade model model yang sudah
mengaspal.
Mengembangkan alternatif
Peng-Upgradean yang akan dilakukan yaitu dengan menambahkan part part seperti :
Peng-Upgradean yang akan dilakukan yaitu dengan menambahkan part part seperti :
-
Body kit.
-
Knalpot sporty.
-
Lampu facelift.
-
Head unit (audio) terbaru berbekal
layar 10 inc touchscreen.
Nissan berupaya menjaga konsumen loyal yang porsinya 40% dari total pelanggan dengan cara melakukan program tukar tambah di Bandung dan Surabaya.
Komentar
Posting Komentar