Pengambilan Keputusan dan Contoh Kasus

PENGANTAR MANAJEMEN

Pengambilan Keputusan
Suatu proses yang digunakan untuk memilih suatu arah tindakan sebagai pemecah bagi suatu persoalan.

Proses pengambilan keputusan :
1.      Menentukan Tujuan & Sasaran Khusus.
2.      Mengidentifikasi Masalah.
3.      Mengembangkan Alternatif.

Contoh Kasus :
Jenis Perusahaan            : Jasa Pelayanan.
Manager                          : PT. NISSAN MOTOR INDONESIA (CNMI).
Pengambilan Keputusan : Meluncurkan model terbaru dengan cara meng Upgrade body.
Organisasi                       : Bekerja sama dengan desainer perancangan mobil.
Penggerakan                   : Menambahkan part part terbaru.
Pengawasan                    : Memaksimalkan Proses kerja.


sumber dikutip dari jawa pos, 20 agustus 2016

Perusahaan PT. NISSAN MOTOR INDONESIA (NMI) adalah perusahaan otomotif yang sedang melakukan perbaikan penampilan multi purpose vehicle (MPV) Grand Livina serta merilis produk special edition untuk sport utility vehicle (SUV) X-Trail dan Cross Over Nissan Juke.
Area manajer sales distribusi Nissan menyatakan bahwa tahun ini Nissan belum merilis mobil baru. Karena itu, pihaknya hanya melakukan penyegaran model-model yang sudah mengaspal.
Pada bulan Mei lalu, NMI merilis Nissan Grand New Livina. Penyegaran yang telah dilakukan itu mampu mendongkrak penjualan 30 persen penjualan Nissan Grand Livina di Jawa Timur. NMI juga mengenalkan Nissan X-Trail, Nissan Juke dan Nissan Marc. Untuk penyegaran Nissan menambahkan part part seperti body kit, knalpot sporty, lampu facelift dan head unit (audio) 10 inch berbekal layar Touchscreen. Nissan menggandeng desainer Dana Maulana dan Liza Mashita untuk megupgrade tampilan terbarunya. Separuh dari penjualan Nissan di Jawa Timur ditopang oleh Nissan New Grand Livina. Sementara itu Nissan X-trail menyumbang 30 persen. Sisanya disokong oleh Nissan Marc. Nissan juga berupaya menjaga konsumen loyal yang porsinya 40 persen dari total pelanggan dengan melakukan program tukar tambah di Bandung dan Surabaya.

Penetapan tujuan & Pengukuran hasil

Upgrade / Penyegaran yang telah dilakukan itu mampu mendongkrak 30 persen penjualan Nissan New Grand Livina di Jawa Timur, Sementara itu Nissan X-trail menyumbang 30 persen dan sisanya Nissan Marc.

Mengidentifikasi Masalah

Tahun 2016 ini nissan masih belum berencana merilis mobil baru, Hanya akan meng-Upgrade model model yang sudah mengaspal.

Mengembangkan alternatif

Peng-Upgradean yang akan dilakukan yaitu dengan menambahkan part part seperti :
-          Body kit.
-          Knalpot sporty.
-          Lampu facelift.
-          Head unit (audio) terbaru berbekal layar 10 inc touchscreen.

Nissan berupaya menjaga konsumen loyal yang porsinya 40% dari total pelanggan dengan cara melakukan program tukar tambah di Bandung dan Surabaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

T.1 Kliping Manajemen