PENGANTAR MANAJEMEN



                                         
1. Struktur organisasi adalah susunan dan hubungan antar tiap bagian yang ada di suatu organisasi atau perusahaan untuk melakukan suatu oprasional untuk mencapai tujuan

2. Syarat agar koordinasi berjalan dengan baik :
    Semangat 
    Bekerja sama dengan baik
    Saling menghargai
Cara agar koordinasi berjalan dengan baik :
    Memberikan keterangan secara jelas dan benar
   Mendorong agar anggota saling bertukar pendapat , mengemukakan ide dan saran agar dapat dipertimbangkan bersama-sama
    Mendiskusikan bersama agar ide atau tujuan tidak bejalan individu dengan tujuannya
     sendiri-sendiri
    Membina hubungan yang baik (human relation) antar sesama anggota
    Atasan (manajer) sering berkomunikasi dengan anggota (bawahan) mereka agar tidak
     terjadi suatu pembatas antara Atasan dan Bawahan

3.Hambatan Hambatan komunikasi
Pemahaman bahasa dan penggunaan istilah tertentu
Kata-kata yang dipergunakan dalam melakukan komunikasi terkadang memiliki banyak
arti dan berbeda
Tidak jelas atau berbelit belit cara penyampaiannya antara pembicara dengan 
pendengar
Penggunaan bahasa (bahasa daerah , Bahasa Nasional & bahasa internasional

Cara mengatasi hambatan komunikasi
Kenali penerima berita
Latar belakang & pendidikannya
Bagaimana Pengetahuan tentang subyek pembicaraan
Rencanakan secara teliti , pertimbangkan baik baik : apa , mengapa , siapa , bagaimana
, kapan (5w+1H)

4.Staffing yang efektif
Memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman keja yang baik
Bakat dan minat yang menu njukkan sikap kemampuan seseorang
Keterampilan dan kemampuan teknis untuk menilai kemampuan dalam melakukan
pelaksanaan teknis pekerjaan .
       
5.Perintah Lisan dan Tulisan

Perintah lisan diberikan apabila tugas yang diberikan tugas yang sederhana dan dalam
keadaan darurat.

Perintah Tulisan diberikan pada saat tugas agak rumit , memerlukan detail yang ekstra
, angka angka yang harus teliti untuk memasukkannya


1.Fungsi perencanaan adalah suatu proses pengambilan keputusan sehubungan dengan hasil yang diinginkan, dengan penggunaan sumber daya dan pembentukan suatu sistem komunikasi yang memungkinkan pelaporan dan pengendalian hasil akhir serta perbandingan hasil-hasil tersebut dengan rencana yang di buat.
8. Fungsi Staffing adalah salah satu fungsi  manajemen yang berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya, sampai dengan usaha agar setiap tenaga berdaya guna maksimal kepada organisasi.
16. Arti komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain.
23. Arti pengawasan  adalah proses dalam menetapkan ukuran kinerja dan pengambilan tindakan yang dapat mendukung pencapaian hasil yang diharapkan sesuai dengan kinerja yang telah ditetapkan tersebut.

12. Alat memotivasi seseorang a. Motivasi Langsung (Direct Motivation)
Motivasi Langsung adalah motivasi (materiil dan non materiil) yang diberikan secara langsung kepada setiap individu karyawan untuk memenuhi kebutuhan serta kepuasannya. Jadi sifatnya khusus, seperti pujian, penghargaan, tunjangan hari raya, bonus, dan bintang jasa.
b. Motivasi Tak Langsung (Indirect Motivation)

Motivasi Tidak Langsung adalah motivasi yang diberikan hanya merupakan fasilitas- fasilitas yang mendukung serta menunjang gairah kerja/kelancaran tugas sehingga para karyawan betah dan bersemangat melakukan pekerjaannya. Misalnya kursi yang empuk, mesin-mesin yang baik, ruangan kerja yang terang dan nyaman, suasana kerja yang serasi, serta penempatan yang tepat. Motivasi tidak langsung besar pengaruhnya untuk merangsang semangat bekerja karyawan sehingga produktif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengambilan Keputusan dan Contoh Kasus

T.1 Kliping Manajemen